Thursday, 19 December 2013

Rumah Sakit Bersalin dan Senam Hamil di Yogyakarta

Kini tiba saatnya untuk melakukan survey rumah sakit bersalin dan tempat senam hamil di kota Jogja ini. Yang jelas rumah sakit yang masuk dalam daftar survey adalah yang dekat dengan rumah, pro ASI dan IMD serta bisa Room-in. Ada beberapa rumah sakit yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Kita mulai yuukkk hasil surveynya...

Bakti Ibu
Rumah sakit ini menjadi tujuan survey nomor 1 karena letaknya paling dekat dengan rumah. Bakti Ibu terletak di Jl. Golo Yogya dengan waktu tempuh hanya 5 menit dari rumah. Dokter yang praktek antara lain Prof. Anwar, dr. Ardanu, dan dr. Annisa. Fasilitas kamar bersalinnya terdiri dari beberapa kelas mulai yang biasa sampai kelas VVIP. Di Bakti Ibu ini ruang bersalin, ruang operasi, laboratorium juga apotek sudah menjadi satu bangunan. Suasana di sini sangat nyaman karena rumah sakit ini memang dikhususkan untuk ibu hamil, jadi suasananya cenderung tenang dan asri. Selain itu terdapat kelas senam hamil tiap hari Rabu sore (16.00 – 17.00WIB) dan Sabtu (10.00 – 11.00WIB) di bawah asuhan Ibu Utami. Biaya senam hamil untuk kedatangan pertama adalah Rp. 15.000,- dan Rp. 10.000,- untuk kedatangan berikutnya. Biaya itu sudah meliputi air minum dan juga peminjaman baju khusus senam hamil yang telah disediakan.

Khadijah
Target selanjutnya adalah klinik bersalin khadijah yang terletak di sebelah Utara rumah dengan jarak tempuh sekitar 10 menit tepatnya di JL. Purwanggan Yogya. Pertama kali masuk kesan yang diperoleh adalah tempat parkir yang sempit. Selain itu kamar yang tersedia juga tidak terlalu luas dengan jarak antar kamar yang terlihat sumpek. Dokter yang praktek di klinik ini adalah dr. Yanah dan dr. Erik. Semua pendafataran dan pelayanan obat dilayani di Apotek Sultan Agung (bukan di klinik Khadijah). Senam hamil juga dilaksanakan di lantai 2 tiap hari Selasa dan Rabu pukul 17.00 WIB dengan biaya Rp. 15.000,- setiap kedatangan.

Puri Adisty
Rumah sakit selanjutnya adalah Puri Adisty yang berada di Jl. Depokan – Rejowinangun Yogya dengan jarak 20 menit ke arah Timur dari rumah. Meskipun letaknya agak masuk ke dalam perkampungan namun suasana di klinik ini sungguh asri dan tenang. Kamar yang tersedia juga bersih dan nyaman. Dokter kandungan di klinik ini adalah dr.Winarni dan dr. Tri Joko. Senam hamil di klinik ini diadakan setiap hari Minggu pukul 15.00 WIB. Namun sayang belum tersedia kamar operasi di sini, jadi pasien nantinya akan dirujuk ke RSU PKU Muhammadiyah Yogya.

Permata Bunda
Lokasi rumah sakit ini berdekatan dengan Puri Adisty, dokter kandungan yang praktek antara lain dr. Tri Joko, dr. Adib Muchtar, dan dr. Shofwal Widad. Untuk senam hamil dilaksanakan tiap hari Selasa dan Jumat (15.30 WIB) serta hari Rabu dan Sabtu (17.00 WIB). Tidak terlalu banyak kamar rawat inapnya di rumah sakit ini. Untuk ruang bersalin dan ruang operasi sudah tersedia di bangunan ini. Kesannya sih sepi karena ruang rawat inap yang tidak banyak. 

Bethesda Lempuyangwangi
Rumah sakit ini adalah tempat dimana aku dilahirkan 28 tahun yang lalu. Sepertinya ibuku ingin nostalgia neh sampai – sampai beliau mengajakku survey di tempat ini padahal letaknya masih di sebelah utaranya Klinik Khodijah....(jauh kali maa....LL). di tempat ini ruang bersalin dan raung operasi sudah tersedia, bahkan rawat inapnya pun sangat banyak, hanya saja nuansanya benar – benar seperti rumah sakit umum...dokter kandungan yang praktek adalah dr. Trianto, dr.Ririel, dan dr. Rahardjo. 

Happy Land
Ini adalah rumah sakit terakhir yang disurvey... happy land adalah rumah sakit yang tergolong baru di Yogya ini. Pelayanan bagus dan bangunannya pun sangat mewah. Untuk bagian kandungan ada di lantai 2 dan 4. Dokter kandungan di rumah sakit ini antara lain dr.Ova, dr.Rukmono, dr. Upik, dr. Detty, dr. Nuring, dr. Phyo, dr.Nurhadi dan dr.winarni. Pelayanan lain yang menunjang kehamilan sangat beragam ditawarkan di rumah sakit ini. Mulai dari senam hamil, hypnobirthing, USG 4D, dan juga beauty centre. Cukup variatif dan menyenangkan, tapi kok agak jauh ya dari rumah...?? LL....

Yah paling tidak ada beberapa pilihan rumah sakit, tinggal ikuti kata hati aja deh...”yang penting bisa lahir lancar, sehat dan selamat ya Nak...?”JJ





  







13 comments:

  1. salam kenal Bu. . . apakah ada instruktur senam yang bisa datang ke rumah? dan apakah ada sara buat baju senam terbaru untuk dipakai pas senam? terimkasih ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb. Milla...gimana apa sudah dapat instruktur senam yg bisa datang ke rumah?. Ini saya ada kontak guru senam di RS bakti ibu dan puri raharja. Mungkin bisa ditanyakan kepada beliau...namanya mb.lia 08562902890. Semoga membantu ya mbak...

      Delete
  2. "Trims sis infonya
    Oya sis sekarang kan ada Metode senam Hamil di Air itu klo Dibandingkan dengan yg biasanya itu apa kelebihannya ?
    dan klo tempat yg menjual baju senam wanita untuk ibu hamil di bandung jabar dimana ya tempatnya apakah sis tau?"""

    ReplyDelete
  3. mbak Milla Rahmah...salam kenal juga mbak...untuk instruktur senam yang bisa datang ke rumah terus terang saya kurang tahu. coba nanti saya carikan infonya terlebih dahulu ya. untuk sementara mbak Milla bisa datang ke rumah sakit bersalin yang menyediakan fasilitas senam hamil di dekat rumah mbak Milla. coba ikut senam hamil untuk pertama kali lalu tanyakan kepada instrukturnya apakah bisa datang ke rumah. alternatif lain bisa juga mbak minta brosur gerakan senam hamil sehingga mbak bisa mempraktekkan sendiri di rumah kalo sedang malas keluar rumah...hehehe...
    untuk baju senam hamil ada di postingan selanjutnya (senam hamil). desainnya kurang lebih longgar, kancing bukaan depan, dan celananya pakai kolor.
    semoga membantu ya mbak...

    ReplyDelete
  4. Mbak Indra Sukmawati...untuk metode senam hamil di air malah saya baru tau kalo ada metodenya...hhehehe...sudah 1,5 tahun gak senam hamil mbak...
    sepertinya baju senam hamil tidak banyak yang jual mbak. karena designnya sendiri longgar, kancing bukaan depan, dan celana dengan kolor. jadi bukan seperti baju senam aerobik atau BL lho mbak...untuk gambar baju yang saya pakai saat senam hamil ada di postingan selanjutnya (senam hamil).
    maaf kalo kurang bisa membantu ya mbak...

    ReplyDelete
  5. siang bunda didot ... saya mau memastikan , apa benar tempat bersalin diatas yg dibeutkan oleh bunda benar2 melayani pro ASi, IMD, dan room in ? apa benar tempat bersalinnya sayang ibu dan anak ... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang mb. Desi...pada akhirnya saya melahirkan di RS bakti ibu dimana saya jg melakukan senam hamil. Dan Alhamdulillah saya melalui IMD, ASIX, dan jg room in. Memang semuanya saya yg meminta kepada petugas sebelum masuk ruang bersalin. Rumah sakitn ya bersih, dan tenang mb...

      Delete
  6. matur nuhun atuch, artikel mantap coy... oh iya teteh mau tanya ni, tempat jual baju senam wanita yang daerah surabaya dimna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak mala handis...kalau baju senam hamil sepertinya tidak dijual bebas ya mbak...karena biasanya sudah disediakan oleh rumah sakit atau tempat senamnya. gambar bajunya ada pada postingan selanjutnya...(senam hamil). kalo senam di rumah pakai baju apa aja yang penting nyaman dikenakan oleh bumil...

      Delete
  7. apa gpp yah klo snam hmilny itu dlkukn sndri drmah ??
    n btw sis tau ga toko baju senam yg nyediain bju snam hmil n baju senam wanita ? soalny istri lgi pngin bli ni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas lala aero : kalo baru pertama kali senam hamil jangan dilakukan sendiri di rumah. lebih baik dilakukan di tempat yang menyediakan kegiatan senam hamil (rumah sakit misalnya). nah setelah beberapa kali dilakukan silakan bisa dilakukan di rumah tapi dengan alas yang empuk (matras) dan ada panduannya. kalo baju senam hamil jarang disediakan di toko mas, karena modelnya pun seperti piyama (longgar) dan ada tali di bagian perut pada bawahannya (celana selutut). ada contoh gambarnya di postingan (senam hamil). semoga membantu ya mas...salam untuk istrinya..semoga kehamilan dan persalinannya sehat dan lancar. oya, peran suami dan ayah (nantinya) sangat dibutuhkan oleh bumil dan busui lho mas...

      Delete