Wednesday, 26 October 2016

MARTABAK MANIS TEFLON

Kali ini saya akan menuliskan resep martabak manis yang dicetak dengan teflon biasa. Pertama kali mencoba dan alhamdulillah langsung berhasil dan ludes.....
Oya, satu resep ini bisa untuk satu martabak manis dengan teflon ukuran 22 cm.

Bahan :

  • 60 gr terigu protein sedang
  • 13 gr gula pasir
  • ½  sdm tepung kanji
  • ½  sdm susu kental manis (SKM) putih
  • ¼  sdt garam
  • ¼  sdt ragi instan (saya pakai fermipan)
  • ¼  sdt soda kue atau baking soda
  • ½  sdm margarin dicairkan
  • ½  butir telur dikocok lepas (kocok pakai garpu)
  • 110ml air hangat
  • vanili secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur terigu, tepung kanji, ragi instan, garam, gula. Aduk rata.
  2. Tambahkan air dan telur bergantian. Aduk rata
  3. Tambahkan susu kental manis. Aduk sampai adonan halus
  4. Tambahkan margarin cair. Aduk rata
  5. Diamkan adonan selama 20 menit
  6. Tambahkan soda kue/baking soda. Aduk rata
  7. Diamkan kembali selama 1 jam
  8. Panaskan teflon dengan api kecil.
  9. Tuang adonan ke teflon, setelah 10 detik kecilkan api (kecil sekali hampir mati)
  10. Tunggu sampai berlubang/berpori kemudian tutup teflon
  11. Setelah permukaan sudah hampir matang, taburi dengan gula pasir, tutup kembali sampai matang. Angkat
  12. Taburi dengan toping, lipat menjadi setengah lingkaran. 
  13. Olesi permukaannya dengan margarin agar lebih gurih
  14. Potong - potong dan siap dinikmati.





12 comments:

  1. Pagi pagi lihat gini jadi pengen terang bulan a.k.a martabak manis. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...silakan dicoba...semoga berhasil ya....

      Delete
  2. kayaknya gampil nih ya mbk, duuhhh jd pgn bikiiinnn,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu saya pertama kali bikin alhamdulillah langsung berhasil mbak...ayoo mbak dipraktekkan resepnya, kalo berhasil puas banget rasanya...

      Delete
  3. kayaknya mudah ini, kapan tak coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. siipp...harus dicoba agar tidak penasaran...semoga berhasil ya...

      Delete
  4. Kayaknya gampang. Pengen nyoba. Aku save resepnya ya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mbak.....harus dicoba ya...siapa tahu langsung berhasil....good luck ya...

      Delete
  5. butuh bukti otentik bukan resep saja ha...ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha itu fotonya bul...begitu berhasil dan keliatan sarangnya langsung difoto...puas deh kalo berhasil gini...fotonya original by bunda didot tuhh...dah ada watermark-nya...
      ayo nyoba bul...mama juga dah nyobain kok...

      Delete