Sunday 28 May 2017

Menu Sehat Ibu Hamil dan Menyusui Ketika Berpuasa

Ketika ibu hamil dan menyusui memilih untuk tetap berpuasa, perhatian selanjutnya adalah pilihan menu. Menu harus dipilih dengan cermat agar tetap bisa berpuasa dengan lancar. Kecukupan gizi seimbang menjadi kriteria yang wajib dipenuhi.

Gizi seimbang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Apa saja yang harus ada untuk mencapainya? Dalam setiap kali makan harus terdapat kriteria seperti di bawah ini :
1.        Karbohidrat kompleks
Karbohidrat diperlukan sebagai cadangan energi selama berpuasa. Alangkah lebih baik jika Bunda mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Sehingga rasa lapar akan datang terlambat.
Beberapa contoh karbohidrat kompleks adalah : beras merah, gandum, dan oat.
2.        Protein tinggi
Janin membutuhkan protein dalam jumlah besar untuk perkembangannya. Oleh karena itu, Bunda harus mengkonsumsi protein dalam jumlah tinggi. Protein hewani dan nabati sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.
Protein hewani banyak terdapat pada susu, keju, telur, ikan salmon, dan daging. Sedangkan protein nabati banyak terdapat pada kacang-kacangan. Protein nabati bisa juga dipilih sebagai salah satu camilan sehat.
3.        Serat tinggi
Ibu hamil sering terkena konstipasi. Untuk mencegahnya, serta memperlancar pencernaan, sebaiknya Bunda mengkonsumsi serat tinggi. Serat tinggi banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah.
4.        Lemak sehat
Lemak sehat adalah lemak yang tidak jenuh. Lemak ini berfungsi untuk pertumbuhan janin terutama pada perkembangan otaknya. Oleh karena itu, lemak sehat harus selalu ada dalam menu sehari-hari.
Lemak jenuh terdapat pada alpukat, minyak zaitun, serta ikan salmon.
5.        Cairan/minuman
Cairan dibutuhkan tubuh agar tidak dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan cairan,  sebaiknya Bunda mengkonsumsi dari air putih, susu, jus buah atau sayuran.

Setelah mengetahui menu gizi seimbang, kini saatnya mengetahui beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika berbuka dan sahur, antara lain :
1.        Konsumsi garam berlebih
Garam berakibat meningkatkan kebutuhan air dan meningkatkan resiko dehidrasi. Hal ini menyebabkan badan terasa lemas.
2.        Konsumsi santan dan pedas
Makanan dengan santan berlebihan mengandung lemak jenuh yang banyak sehingga menjadi tidak sehat. Makanan yang pedas menyebabkan pencernaan terluka karena pada saat puasa sistem pencernaan menjadi lebih sensitif.
3.        Menggoreng masakan dengan minyak sawit atau minyak sayur
Minyak sawit dan minyak sayur mengakibatkan kenaikan lemak jenuh. Apabila lemak jenuh tinggi menyebabkan kolesterol. Jika ingin menggoreng, Bunda sebaiknya menggunakan minyak zaitun.
4.        Konsumsi minuman berkafein
Minuman berkafein mengakibatkan sering buang air kecil. Sebaiknya Bunda menghindari kopi, teh, dan cokelat, ya.


Dengan terpenuhinya kandungan gizi seimbang serta menghindari hal yang tidak baik, pastinya ibu hamil dan menyusui dapat berpuasa dengan lancar. Selamat berpuasa!

No comments:

Post a Comment