Sunday 4 February 2018

Akhirnya...Donat Kentang Juga

Donat kentang, adalah salah satu resep yang membuat saya penasaran. Kenapa? Karena belum pernah berhasil setelah sekian kali percobaan. Dulu, pertama kali bikin hasilnya adalah bantat alias keras. Percobaan berikutnya sudah lumayan empuk tapi tetap saja keras saat sudah dingin. Pernah juga berakhir dengan hasil gosong alias si cincin white ring gak mau nongol. Hingga akhirnya...hari ini berhasil menaklukkannya...Alhamdulillah.
Resep sih gak pernah berubah. Selalu pakai resep Donat Kentang NCC, tapi ya itu tadi, baru berhasil setelah sekian kali percobaan. Asllan dan ayah pun mengakui jika percobaan kali ini “berhasil”...Ini lho resepnya :
Donat Kentang NCC (Fatmah Bahalwan)
40-50 pcs

Bahan :
500 gr terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus, haluskan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 kutel
100 ml air dingin

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, ragi instan, dan gula. Aduk hingga rata
  2. Tambahkan kentang, kuning telur (masukkan satu persatu), dan air (masukkan sedikit demi sedikit) sambil uleni sampai setengah kalis
  3. Tambahkan mentega dan garam, sambil terus uleni hingga kalis (permukaan adonan halus)
  4. Diamkan selama 30 menit sambil ditutup dengan serbet lembab agar adonan tidak kering (adonan akan mengembang)
  5. Kempiskan adonan, kemudian bagi menjadi bulatan sesuai selera. Bentuk donat dan diamkan 30 menit (tutup dengan serbet lembab)
  6. Goreng dengan api kecil hingga kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Setelah dingin bisa diberi toping sesuai selera

Tips :
  1. Saya menggunakan mikser dengan tangkai spiral untuk menguleni. Kalau harus pakai tangan, ampun deh pegelnya...
  2. Adonan memang sedikit lengket, lumuri tangan dengan terigu ketika membentuk donat
  3. Setelah adonan terbagi menjadi bulatan, segera beri lubang di tengahnya dengan menggunakan dua telunjuk. Ini akan membentuk donat yang tebal (menul-menul)
  4. Pada saat menggoreng, pertahankan bulatan dengan tongkat kayu/bambu. Caranya adalah tongkat tersebut ditegakkan pada lobang selama menggorang satu sisi. Hal ini dilakukan agar bulatan tidak menutup.
  5. Untuk mendapatkan white ring, gunakan minyak goreng secukupnya (hanya setengah donat yang terendam minyak). Dan cukup satu kali balik saja (jangan dibolak balik)
  6. Ini tips yang pasti akan diprotes para bakuler, saya menggorengnya satu persatu. Jadi cukup pakai teflon diameter 18 cm, berisi satu biji donat. (maafkan saya para bakuler...mungkin anda punya tips yang lebih hebat)
  7. Donat ini cepat sekali matangnya, harus ditungguin agar warnanya cantik tidak gosong.

No comments:

Post a Comment