Monday 27 March 2023

Wedang Pokak, Penghangat Tubuh Yang Mudah Cara Membuatnya



Bertemu dan mengenal minuman ini untuk pertama kalinya adalah tahun 2017. Tepatnya ketika saya mendapat tugas di Kota Madiun Jawa Timur. Pada saat itu ada kegiatan di kantor yang mengharuskan saya berkunjung ke daerah Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Setelah kegiatan kantor tersebut selesai tibalah agenda makan siang. Dengan suguhan yang dimasak sendiri oleh tuan rumah, saya tertarik dengan minuman hangat yang tersaji di Jumbo (tempat minuman dalam jumlah banyak). Cepoko memang sebuah daerah yang memiliki ketinggian lebih daripada Ponorogo sehingga udaranya sejuk. Jadi minuman yang disajikan adalah minuman hangat.

Ada tiga jumbo yang tersaji di meja makan. Jumbo pertama berisikan teh manis panas. Jumbo berikutnya berisikan kopi hitam panas. Tapi, apakah isi dari jumbo terakhir? Karena teh dan kopi yang menjadi primadona sudah tersajikan. Demi menjawab rasa penasaran, maka saya memilih menuangkan isi Jumbo terakhir ke dalam gelas yang tersedia.

Penampakannya seperti teh manis biasa. Berwarna coklat tapi lebih pekat alias tidak sejernih teh pada umumnya. Aromanya tercium wangi jahe yang menggugah selera. Jika memang ini adalah wedang jahe, tapi warnanya terlalu gelap dan rasanya ada unsur yang lain alias tidak hanya jahe saja. Rasanya hangat dan manis sehingga sungguh nikmat untuk menghangatkan badan di daerah yang dingin.

Perlahan tapi pasti saya mencoba mencicipi dan menerka wedang apa ini sebenarnya. Hingga tak terasa saya telah menghabiskan 2 gelas wedang ini. Maka sambil berpamitan, saya menanyakan kepada tuan rumah wedang apakah yang disajikan di jumbo terakhir.

Jawabannya adalah Wedang Pokak. Sungguh nama yang sangat asing bagi saya karena baru pertama kali ini mendengar nama tersebut. Mengetahui saya begitu heran dan kagum terhadap Wedang Pokak maka tuan rumah memberikan resepnya.

Ternyata sungguh amat mudah sekali membuat Wedang Pokak yang menggugah selera. Sekali mencoba, saya langsung berhasil mengeksekusinya dan tentu saja membuat ketagihan.

Yuk, silakan dicoba resep Wedang Pokak di bawah ini :

 

Bahan – bahan :

  • 27 gram sereh
  • 18 gram jahe
  • 45 gram gula aren
  • 300 mililiter air
  • Sejumput garam

 

Cara membuat :

  1. Sereh dipotong potong sepanjang 5 cm (untuk memudahkan mengkonsumsi), cuci bersih lalu geprek
  2. Jahe dicuci bersih kemudian dibakar lalu digeprek
  3. Campur semua bahan pada panci kemudian rebus selama 10  menit
  4. Air menjadi sebanyak 200 mililiter saja
  5. Saring dan sajikan 

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment