Wednesday 25 January 2017

Gumuk Pasir Barchan

Gumuk pasir,
Identik dengan pasir yang sangat luas dan panas matahari yang menyengat sehingga terasa gersang. Namun gumuk pasir mulai terkenal setelah menjadi tempat syuting film Pasir Berbisik yang dibintangi Dian Sastro. Makin banyak pengunjung yang penasaran dengan tempat ini.
Sekarang tempat ini sedikit banyak sudah berubah. Tidak segersang dan sesepi dahulu. Banyak pengunjung yang datang bahkan sangat ramai di waktu liburan. Pada liburan akhir tahun kali ini saya mengunjungi Gumuk Pasir Barchan.
Gumuk pasir terletak di kawasan pantai parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Pintu masuk terdapat di dua sisi yaitu dari arah Pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Jika masuk melalui Pantai Depok maka akan sampai di Gumuk Pasir Barchan terlebih dahulu. Namun jika masuk melalui Pantai Parangtritis maka Gumuk Pasir yang akan kita temui.
Untuk masuk melalui Pantai Depok, tiket yang harus kita bayar yaitu Rp.4.000,-/orang. Jika dari arah Yogyakarta, sebelum gerbang retribusi Pantai Parangtritis belok kanan (arah Pantai Depok). Pos retribusi Pantai Depok berada di depan gerbang parkirnya. Namun kita harus belok kiri untuk menuju lokasi Gumuk Pasir.
Rute lain yang bisa kita tempuh adalah dari Pantai Parangtritis. Tiket yang harus kita bayar bisa dilihat di sini
Jika dari arah Yogyakarta, sebelum polsek Kretek kita belok kanan dan akan menemukan gumuk pasir di sisi kanan jalan.
Ketika pertama kali menginjankkan kaki di lokasi, tidak begitu tampak kesan gersang di sana. Terdapat gerbang yang eye catching dengan tulisan warna jingga dan dipermanis dengan bunga plastik warna warni yang diletakkan pada vas. Tentu saja menjadi salah satu sudut favorit untuk selfie.
   Ingin menjelajah lokasi ini? segera saja langkahkan kaki dan akan menemukan spot yang menarik untuk selfie antara lain :
1. Ayunan
Ayunan di sini dibuat sealami mungkin yaitu dari batang pohon sebagai tiangnya. Tali yang digunakan adalah tali plastik (tali tampar). Tempat untuk duduk dibuat dari papan kayu. Tentu saja ayunan ini dipakai untuk berayun santai.

2. Gardu pandang
Jika naik di gardu pandang akan terlihat hamparan pasir yang luas. Dan tentu saja beberapa vegetasi yang terdapat di sana seperti cemara udang. Gardu pandang ini terbuat dari bahan yang alami yaitu batang pohon dan tali tambang.

3. Kaktus
Jangan dibayangkan kaktus yang lebat ya. Dari hamparan pasir yang luas hanya terdapat satu pokok kaktus. Terlihat menarik untuk selfie. Seperti sedang berada di gurun pasir.

4. Love
Lokasi berikutnya adalah spot cinta. Spot ini menjadi favorit pengunjung sehingga harus antri jika ingin berpose cantik di sini. Spot cinta dibuat dari besi yang berbentuk love raksasa dihiasi dengan bunga. Besi cinta ini diletakkan diantara pagar kayu yang berwarna putih. Tersedia kursi kayu untuk mempermudah kita berpose.

5. Hamparan pasir
Selain beberapa spot tersebut, hamparan pasir itu sendiri menjadi salah satu objek indah untuk selfie. Seolah – olah kita sedang berada di gurun pasir yang jauh sana.

6. Sand Board
Selain selfie, kita bisa mencoba permainan sand bord. Permainan ini bisa dimainkan anak-anak maupun dewasa. Papan yang digunakan tentu saja berbeda ukurannya. Harga sewa papan sand board sebesar Rp. 70.000,-/24 jam. Jika belum mahir dapat mencoba dengan cara duduk di atas papan dan meluncur di pasir. Namun jika sudah mahir bisa dicoba dengan berdiri di atas papan seperti pemain skate board.

Pesona gumuk pasir memang sudah menggeliat. Selain sebagai tempat selfie dan bersantai, lokasi ini menjadi salah satu pilihan untuk foto pre-wedding. Seperti saat saya sedang berkunjung, terdapat sepasang calon pengantin yang sedang mengadakan sesi foto. Di tangan fotografer handal lokasi gumuk pasir bisa menjadi tempat yang istimewa.

Bagaimana dengan Asllan? Dia yang paling antusias bermain di pasir. Berlarian, berguling, dan menjatuhkan diri di atas pasir menjadi favoritnya. Ditambah terdapat genangan air bekas hujan semalam yang lumayan luas namun tidak dalam membuat Asllan langsung bermain di sana. Sepertinya dia puas dan senang sekali bebas bermain air dan pasir.






4 comments:

  1. Waah...asik yaa Asllan udah jalan jalan sampe ke gumuk pasir. Jadi mupeng, apalagi banyak spot foto cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aya....kalo ke Jogja disempetin jalan-jalan pokoknya. sekarang bagus kok gumuk pasirnya. gak seperti saat kita SMA dulu. kelompoknya aya bukan ya yang dapat lokasi gumuk pasir?

      Delete
  2. ini pantai yang buat lokasi syuting video klip agnes monica bukan ya, lagunya apa gitu lupa kalau gak salah janji janji judulnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...iya bukan ya mbak? dulu seh terkenalnya untuk pasir berbisiknya dian sastro...

      Delete