Thursday 6 April 2023

Es Kopyor Sintetis

 


Lagi lagi saya akan bercerita tentang kisah masa lalu. Eits, tapi bukan tentang romance, ya. Kisah masa lalu ini bercerita tentang bagaimana saya mengenal es kopyor sintetis. Ketika itu adalah masa kuliah namun masih tahun awal atau tengah (saya agak lupa tepatnya). Yang jelas bukan di tahun akhir kuliah. Karena tahun akhir kuliah saya disibukkan dengan penyusunan skripsi.

Kejadian ini bermula ketika saya dan beberapa teman yang bisa dibilang bestie main ke rumah salah satu diantara kami di daerah Kabupaten Sleman. Kami ngobrol dan bersendau gurau dengan asyiknya. Hingga mulailah perut terasa keroncongan. Si tuan rumah menawarkan masak bareng di dapurnya. Tentu saja kami melongo mengingat tidak ada yang bisa masak diantara kami.

Tak disangka tak diduga, salah satu bestie mengiyakan tawaran tuan rumah. Sontak kami semua mentertawakan. Karena dia adalah orang yang sangat tomboy diantara kami. Baik dari sifat cueknya juga penampilannya. Tapi dengan yakinnya dia langsung bergegas ke dapur yang ditunjukkan oleh tuan rumah.

Melihat stok bahan yang tersedia di lemari es milik tuan rumah, bestie yang tomboy tadi langsung memutuskan untuk membuat tempe mendoan dan es kopyor sintetis. Wait! Apakah yang dimaksud dengan es kopyor sintetis? Bukankah di lemari es tuan rumah tidak ada kelapa kopyor satupuan? Dengan terdiam dan bagaikan terhipnotis kami langsung menuruti perintah dari si tomboy yang seakan – akan menjadi leader pada kegiatan masak kali ini.

Semuanya takjub melihat kelincahan dan keluwesan si tomboy mengolah bahan makanan. Kebetulan sayalah yang ditunjuk untuk membantu proses pembuatan es kopyor sintetis tersebut. Ternyata oh ternyata, bahan pembuatnya terdiri dari agar – agar santan yang langsung dituang sedikit demi sedikit di atas es batu besar. Sesimpel itu saja pembuatan kopyor sintetisnya namun rasanya sangat segar. Sekarang es kopyor sintetis menjadi salah satu resep andalan saya di kala ingin menyajikan minuman yang segar.

 

Berikut resep membuat es kopyor sintetis :

  • 800 ml air dijadikan es batu dalam plastik ukuran 1 kg.
  • 3 gr agar – agar plain
  • 75 gr gula pasir
  • 300 ml santan
  • 150 ml sirup cocopandan merah
  • 5 gr biji selasih
  • 65 gr air hangat

 

Cara membuatnya

  1. Rendam biji selasih ke dalam air hangat sampai mekar lalu sisihkan
  2. Rebus agar – agar, gula, dan santan sampai mendidih sambil terus diaduk hingga mendidih lalu matikan api
  3. Biarkan hingga menjadi hangat dan mulai mengental
  4. Siapkan es batu pada baskom
  5. Tuang agar - agar sedikit demi sedikit di atas es batu (kenakan pada es batu) nanti agar - agar langsung mengental dan mengalir dari es batu
  6. Biarkan hingga es batu mencair sempurna
  7. Tambahkan sirup dan biji selasih lalu aduk rata

No comments:

Post a Comment