Tuesday 8 November 2016

MPASI pertama (30 April 2013)

Tepat tanggal 30 April 2013 Asllan sudah mulai berumur 6 bulan. Saatnya belajar makan deh.  Asllan belajar makan, bundanya belajar tentang MPASI. Saya memutuskan MPASI berdasarkan WHO dimana anak sudah mulai mendapatkan karbohidrat, protein baik nabati maupun hewani, serta serat. Yang membedakan hanya tekstur dan porsi makannya. Tidak lupa saya juga menerapkan tes 4 hari untuk mengetahui asllan alergi terhadap apa (apabila ada alergi).
MPASI pertama yang saya berikan untuk Asllan adalah bubur beras putih yang diencerkan dengan ASI. Buburnya buat sendiri dengan cara beras putih dimasak dengan air yang lebih banyak hingga menjadi bentuk bubur. Porsinya hanya sebesar satu sendok makan untuk buburnya dan ASI secukupnya sampai menjadi tekstur yang diinginkan. Untuk pertama kali ini teksturnya masih terbilang encer.
Yuk, maem yuk nak....Alhamdulillah Asllan mau untuk maem bubur tersebut. Meskipun pada awal suapan sepertinya Asllan agak sedikit bingung.  Dengan tatapan mata yang agak bingung dan juga merasakan tekstur serta rasanya. Oya pengenceran bubur menggunakan ASI dimaksudkan agar Asllan tidak terlalu kaget terhadap asupannya. Meskipun bubur namun masih ada rasa ASI-nya.
Meskipun perlahan namun akhirnya habis juga bubur perdana Asllan. Siipp...nanti sore kita lanjutkan lagi ya Nak...



2 comments:

  1. 2013? Berarti sekarang udah gak MPASI, ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang anak saya sudah umur 4 tahun...ini memang late post mbak. Jadi saya tuliskan bulan dan tahun kejadiannya.

      Delete