Wednesday 29 January 2014

AQIQOH (7 Nopember 2012)

Aqiqoh adalah serangkaian ajaran Nabi Muhammad SAW untuk anak yang baru lahir yang terdiri atas mencukur rambut bayi, memberi nama dan menyembelih hewan. Adapun hewan untuk aqiqoh ini biasanya kambing dengan syarat cukup umur (kira – kira berumur 1 tahun), boleh jantan atau betina, tidak cacat, disunahkan dimasak terlebih dahulu. Jumlah hewan aqiqoh untuk anak laki – laki dua ekor sedang untuk anak perempuan satu ekor. (sumber : aqiqoh nurul hayat)
Dua ekor kambing telah dipersiapkan sejak kemaren sore untuk acara aqiqohnya Asllan. Dan pada malam ini tepatnya setelah Isya akan diadakan pengajian dalam rangka aqiqoh Asllan. Acara dilaksanakan di masjid deket rumah uti. Ini merupakan perjalanan pertama Asllan keluar rumah. Ayahnya mempersiapkan semua baju – baju Asllan berikut perlengkapan lainnya. Takutnya Asllan nanti rewel/pipis.
Sesampainya di masjid aku bernafas lega karena Asllan anteng aja selama perjalanan ke masjid. Aqiqoh Asllan ditandai dengan pemotongan rambut secara simbolis. Pemotongan rambut dilakukan oleh ustadz dan jamaah yang dituakan. Asllan digendong utinya, aku mendampingi dengan membawa gunting serta mangkok untuk tempat rambut yang telah digunting. Pengguntingan pertama dilakukan oleh kakung alias papaku, dilanjutkan oleh ayahnya Asllan, pakdhenya Asllan, perwakilan jamaah yang dituakan serta ditutup oleh ustadz yang memimpin acara ini. Alhamdulillah Asllan masih tertidur pulas bahkan sampai acara pengajian itu selesai.

Sebagai info aja, pemotongan rambut pada aqiqoh ini hanya dilakukan sedikit saja, karena nantinya pada usia 35 hari (selapan) rambut Asllan akan dicukur habis /digundul/diplontos dan semua potongan rambut itu akan ditimbang beratnya untuk dijadikan taksiran sodaqohnya Asllan.


No comments:

Post a Comment