Saturday 1 February 2014

BELANJA CLODI (25 Nopember 2012)

Clodi atau cloth diaper adalah salah satu perlengkapan bayi yang menjadi topik hangat di kalangan ibu-ibu belakangan ini. Sebenarnya apa seh clodi itu? Clodi adalah popok kain modern yang memiliki fungsi seperti popok sekali pakai (pospak). Hanya saja clodi ini lebih ramah lingkungan karena terbuat dari bahan – bahan yang dapat menyerap air tapi tanpa unsur kimia sedikitpun. Pemakaian clodi terhitung lebih hemat daripada pemakaian pospak. Meksi pada awalnya kita memang membutuhkan modal yang terasa agak banyak untuk pembelian clodi pertama kali. Namun clodi ini dapat dicuci sehingga lebih awet. Bahkan kalo perawatannya tepat clodi dapat bertahan sampai 2 tahun. Clodi ini terdiri dari dua bagian yaitu cover dan insert. Insert clodi biasanya terdiri dari 2 macam yaitu bamboo dan mikrofiber. Tinggal pilih aja sesuai kondisi anak. Kalo bamboo dapat menyerap lebih banyak tapi lebih susah keringnya. Kalo mikrofiber lebih cepet kering tapi gak bisa nempel langsung kulit bayi, harus dilapisi lagi dengan fleece. Yang perlu diingat bahwa karena clodi gak pakai bahan kimia maka daya serap clodi juga gak sehebat pospak. Jangka waktu pemakaian clodi maksimal 4 jam saja, lebih dari itu harus diganti. Penggantian clodi ini tergantung kondisi. Apabila yang kotor hanya innernya saja maka covernya gak perlu diganti. Nah kalo pemakaian clodi gak bisa selama pemakaian pospak itu artinya anak kita lebih sehat karena mereka duduk di atas kotorannya (pipis atau eek) lebih sebentar daripada saat mereka menggunakan pospak. Kira2 itulah review tentang clodi yang aku ketahui.
Sedari awal aku memang berniat untuk beli Clodi buat Asllan, bukan pospak. Clodi inipun hanya aku pakaikan ke Asllan kalo pergi aja. Selama Asllan di rumah aja tetep pakai popok kain biasa atau celana. Tujuannya biar Asllan terbiasa bersih, saat pipis ato eek dia pasti akan menangis karena merasa tidak nyaman. Nah, sekarang tinggal browsing merk yang akan dibeli mengingat merk clodi itu sangat banyak sekali. Rekomendasi yang aku dapat adalah merk cluebebe petite. Ok deh, sekarang mari kita browsing cluebebe petite.... eh, di saat aku  browsing itu aku juga tertarik ama merk Sheizy yang New Born. Karena aku takur kalo pake cluebebe petite saat-saat ini Asllan akan terlihat bulky alias kegedean clodi. Asllan kan baru mau 1 bulan usianya... Nah, sheizy ini clodi khusus New born. Akhirnya aku menemukan paket clodi newborn yang terdiri dari cluebebe petite, sheizy new born dan lil G. Dua dari isi paket adalah clodi yang memang aku cari. Siipplahh...J aku memutuskan untuk beli clodi di online shop daerah Yogya sehingga aku bisa datang ke lokasi untuk memilih corak clodi sesuai seleraku.
Aku pilih cluebebe petite dengan gambar mobil listnya biru. Yang sheizy aku pilih yang insert bamboo dengan corak keropi. Untuk lil G aku pilih warna green apple.. oiya, ini aku cantumkan testimoni dari penjualnya ya...
Cluebebe petite/large tersedia dalam system cover dan pocket, sedangkan classic hanya tersedia dengan system pocket. Ini salah satu clodi yang bisa dipake untuk bobo malam/jalan-jalan karena kapasitas insertnya yang banyak dan ada lapisan anti airnya. Warna-warna pocket/covernya soft dengan motif-motif yang lucu.
Sheizy : Bayi baru lahir masih sering pup dalam bentuk cair sehingga cover dan insert didesain agar cepat kering. Di bagian paha ada tambahan jahitan lengkungan agar pup yang cair ga meleber ke samping. Terbuat dari bahan micropolar fleece yang cukup bisa menahan cairan selama 3 jam karena bayi baru lahir memilik kulit yang sangat tipis dan sensitif. Tidak direkomendasikan terlalu lama memakai popok. Lagipula, sayang jika popok kain bisa tahan 6 jam padahal bayi bisa pup sedikit-sedikit setiap 3-4 jam icon smile Sheizy Newborn Jika bayi sudah agak besar, insert atau soaker bisa diubah fungsi sebagai cloth wipes (fleece yang anti lengket untuk bersihin noda pup, cotton utk membilas dan lap sisa air agar pantat tetap kering). Motifnya juga cerah dan lucu dengan harga yang murah sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi bayi yang baru lahir.
Lil G: Meskipun original diaper dapat dipakaikan ke anak dengan berat minimal 3,5 kg namun direkomendasikan menggunakan lil G agar tidak terlalu bulky.
Nah, sekarang tinggal prewash, n dicoba ke Asllan, nanti mana yang paling pas untuk Asllan.



No comments:

Post a Comment