Sunday 20 August 2017

Negeri Dongeng di Hutan Pinus

Suntuk dan bosan dengan kesibukan sehari-hari? Itu pertanda sudah saatnya menghentikan rutinitas sejenak dan melanconglah!. Melancong untuk mencari kebahagiaan? Mengapa tidak? Mari kita lakukan!
Mencari kebahagiaan tidak perlu biaya mahal. Bahagia itu berawal dari hati. Salah satu cara untuk bahagia adalah dengan melancong. Salah satu tempat yang rekomended adalah wisata songgo langit “seribu batu”.
Songgo langit terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ditempuh dari kota Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan. Arah yang ditempuh adalah terminal giwangan ke selatan hingga pasar imogiri. Kemudian belok kiri arah makam raja imogiri. Berjalanlah terus hingga pertigaan, belok kanan menuju wisata kebun buah mangunan. Sampai di tugu mangunan ambil jalan yang lurus. Tidak jauh kemudian sudah ada papan petunjuk tempat parkir “Rumah Hobit, Seribu Batu”.
Tiket masuk wisata Seribu batu adalah Rp. 2.000,-/orang. Sebelum ke pintu masuk kita dapat melihat denah lokasi wisata. Sehingga pengunjung mendapat gambaran keberadaan spot yang akan dituju.
Ikon dari wisata ini adalah rumah hobit yang berjumlah dua buah. Disebut rumah hobit karena bentuknya yang kecil dan mirip dengan rumah hobit di Film The Lord of The Ring. Memang kita dilarang untuk masuk ke dalamnya. Namun hanya dengan berfoto di serambinya saja sudah menjadikannya sangat unik.
Selain itu ternyata banyak spot yang menawan untuk dijadikan lokasi selfie. Ada rumah seribu kayu yang membuat kita seakan-akan berada di kampung kurcaci. Spot beruang kayu, kupu-kupu kayu serta bunga teratai juga sangat indah diabadikan.
Bagi yang akan melakukan pertunjukan bisa menggunakan salah satu spot di sini. Pasti nuansa alami akan anda dapatkan. Panggung dan kursi penonton semua terbuat dari kayu. Jangan membayangkan kursi duduk dari kayu, ya! Kursi penonton terbuat dari potongan kayu yang masih berbentuk batang pohon.
Spot unggulan lain adalah jembatan jomblo tak kalah menarik dengan rumah hobit. Tenang saja, bukan berarti hanya yang jomblo yang boleh lewat. Bukan pula yang telah lewat akan menjadi jomblo. Jika Anda melewatinya pasti tahu jawabannya.
Selain spot foto, terdapat pula rumah kelinci yang tentu saja menjadi favorit anak-anak. Terdapat beberapa ekor kelinci yang melakukan aktivitas di rumah kelinci. Untuk yang hanya ingin sekedar bersantai bisa duduk-duduk di “kursi” pohon yang tersedia. Nikmatilah sejuknya hawa hutan pinus. Bagi yang suka dengan tantangan, bisa mencoba flying fox cukup dengan Rp. 15.000,- saja. Meluncurlah dengan bahagia, guys!
Selain memunculkan berbagai spot layaknya negeri dongeng, wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum. Beberapa warung makan sudah berjajan rapi di depan pintu keluar. Selain itu mushola dan toilet juga tersedia di sekitar tempat parkir dan pintu keluar.
Bagaimana dengan kebersihannya? Bisa dikatakan lokasi ini bersih dari sampah. Selain pengelola menyediakan tempat sampah di lokasi-lokasi strategis, ada petugas kebersihan yang akan memungut sampah yang masih berceceran.

Nah, setelah berhasil menemukan bahagia, alangkah baiknya jika kita ikut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. 

2 comments: