Tuesday 21 December 2021

Tidur Yang Terjaga Dalam Yoga

 *tulisan ini dimuat di Harian Surya, tanggal 21 Oktober 2021



             Siapa yang tidak mengenal Yoga? Olahraga yang semakin meroket beberapa waktu belakangan. Yoga digemari oleh kalangan luas mulai anak-anak, hingga dewasa bahkan lansia karena manfaatnya yang banyak. Beberapa manfaat dari yoga antara lain : merilekskan badan, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki postur tubuh. Yang lebih menyenangkan lagi adalah yoga bisa dilakukan secara indoor maupun outdoor tergantung kebutuhan.

            Sanggar Yoga Lotus Madiun yang beralamatkan di Jalan Salak Barat II kota Madiun telah mengadakan kegiatan Yoga Outdoor di Syam Resto Caping Gunung, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun pada hari Minggu, 10 Oktober 2021. Kegiatan ini diikuti oleh anggota sanggar sejumlah 40 orang. Instruktur pada kesempatan kali ini adalah Lisa Anggraini (sekaligus owner sanggar) dan Media.

            Kegiatan yoga outdoor dilaksanakan selama 120 menit mulai pukul 07.00 WIB. Diawali dengan Yoga Asthanga oleh Media sebagai instruktur. Yoga Asthanga ini dilakukan tanpa jeda dengan gerakan yang bisa membuat tubuh berkeringat. Beberapa gerakan pada sesi ini adalah warior satu dan dua, juga gerakan cobra.

            Setelah Yoga Asthanga selesai, sesi berikutnya adalah Yoga Nidra oleh Lisa Anggraini sebagai instruktur. Yoga Nidra adalah relaksasi mendalam atau kondisi tidur yang tetap sadar. Jadi gerakan pada sesi ini dilakukan sepenuhnya dengan posisi terlentang seperti orang tidur. Urutan Yoga Nidra dimulai dari mengatur nafas, dan membiarkan nafas berjalan dengan sendirinya. Kemudian dilanjutkan dengan rotasi kesadaran seluruh anggota tubuh, dan visualisasi.

            Meskipun disebut dengan kondisi tidur yang tetap sadar, namun ada peserta yang tertidur pulas bahkan mendengkur halus pada sesi Yoga Nidra. Menurut Lisa, hal itu disebabkan oleh tubuh yang menjadi rileks mendalam baik secara fisik maupun pikiran.

Diharapkan setelah selesai melakukan yoga, tubuh menjadi lebih bugar dan lebih fresh. Ditambah dengan dress code warna pink yang dipilih pada kesempatan kali ini yang membuat peserta yoga outdoor lebih ceria.   


No comments:

Post a Comment