Monday 13 March 2023

Beberapa Kelebihan Menggunakan Blogger Bagi Pemula

     

Tulisan kali ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang alasan kenapangeblog. Pada artikel sebelumnya, saya sempat menyatakan bahwa alasan saya memilih platform blogger adalah karena gratis. Tidak munafik bahwa gratis adalah alasan pertama dan terbesar bagi saya memilih platform blogger. Secara saya masih benar benar awam tentang blog dan tentu saja akan sering mengutak atik blog. Kebayang apabila langsung menggunakan platform/domain berbayar, terus tiba-tiba blog-nya eror karena ketidaktahuan saya. Ngeri, membayangkannya.

Kebetulan blog pertama yang saya baca adalah milik sahabat SMA. Dia menggunakan platform blogger. Saya banyak belajar ngeblog darinya mulai dari apa itu blog dan apa saja isinya. Kemudian dia memberi link blog miliknya. Saya jadi tertarik untuk membuat blog pribadi yang berisi diary elektronik kehidupan saya setelah menikah. Awal mulanya saya dipandu untuk membuat blog dari platform blogger dan mengisi artikel beserta foto pendukungnya. Kala itu tampilan blog masih sangat amat sederhana karena sahabat saya itu juga sedang belajar.

Selain belajar dari sahabat tersebut, saya juga sering browsing lewat mbah Google mengenai blog. Mulai dari cara mengganti template, membuat halaman, pasang gadget, membuat profil, membuat menu, menampilkan follower dan juga statistik pengunjung. Nah, dari halaman pencarian di google, artikel yang saya cari kebanyakan menggunakan platform blogger. Selain artikel, contoh video yang muncul di youtube maupun halaman google lebih banyak yang berplatform blogger.

Pada artikel dan video berplatform blogger yang sudah muncul di google, beberapa printhilan yang standar seperti laman, gadget template, profil, tergolong mudah untuk diaplikasikan pada blog. Bagi saya yang pemula ini merupakan sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri bisa mengutak atik blog secara otodidak. Terkadang saya dan sahabat menjadi sering bertukar informasi mengenai hasil dari meng-“uprek” blog masing-masing.

Karena sering membaca artikel dalam platform blogger, lambat laun saya menjadi sedikit familiar dengan platform ini. Selain itu saya mulai mencoba memberi komentar pada beberapa blog yang saya anggap memiliki informasi yang penting. Untuk beberapa blog dengan aritkel yang menarik perhatian, tak segan saya akan memfollownya. Ternyata dari beberapa blog (tidak hanya blogger), kebanyakan yang saya follow dan komen adalah dari platform blogger. Mungkin karena saya mulai familiar dengannya sehingga saya merasa nyaman membaca artikel dengan platform blogger.

Setelah saya sering memberikan komentar dan juga follow beberapa artikel pada blogger, muncullah keinginan untuk bisa mendapatkan komentar dan follower di blog saya. Kemudian terpasanglah tombol follow di blog saya yang sampai saat ini masih di bawah 20 orang. Lantas saya berfikir mungkin karena saya masih menggunakan platform gratis sehingga follower belum banyak. Muncullah pertanyaan di benak saya, bagaimana caranya memiliki blog dengan domain berbayar. Apakah harus mulai dari awal? Duh, sayang sekali rasanya jika beberapa artikel yang sudah tayang (meski belum banyak) akan menghilang.

Akhirnya saya mencari informasi dan ada yang menyarankan untuk menggunaan bantuan pihak ketiga. Awalnya saya ragu, apakah saya masih bisa menggunakan alamat blog yang sama, atau apakah tampilan blog akan berubah sehingga saya harus belajar dari awal lagi? kebayang bagaimana pusingnya harus belajar dari awal apalagi jika harus secara otodidak.

Bagaimana bisa mendapat jawaban atas semua pertanyaan itu jika tidak mencoba. Tidak perlu waktu yang lama, saya bisa mendapatkan domain berbayar dengan tampilan dan nama blog yang sama seperti semula. Karena memang saya melakukan optimasi blog dari blogger menjadi domain berbayar. Tentu saja dengan bantuan pihak ketiga.

Lumayan bisa tersenyum lega memiliki dua blog dengan domain berbayar. Dengan harapan kedua blog saya lebih dikenal dan lebih banyak memberikan artikel yang bermanfaat. Sebenarnya masih ada yang membuat saya penasaran yaitu bagaimana caranya mendapatkan cuan dari hasil ngeblog. Semoga suatu saat nanti kedua blog saya yang merupakan hasil dari optimasi platform blogger bisa menghasilkan cuan. Aamiin.

No comments:

Post a Comment