Saturday 22 July 2017

Ini Dia, Dibalik Foto Yang Menjadikan Kita Bagai Superhero (Desember 2016)



Melihat foto tersebut pasti kalian berdecak kagum, bukan? Bagaimana mungkin saya dengan postur yang mungil nan imut bisa berdiri di atas meja?
Hehehehe....tenang aja, gak perlu bingung. Saya dan keluarga sedang berada di sebuah lokasi unik yang memang ditujukan untuk berfoto. Yup, saya sedang berada di Up Side Down Word Yogyakarta. Tempat ini berada di pinggir Jalan Raya Ringroad Timur Kota Yogyakarta.
Jangan heran jika kita harus mengantri dengan sabar sebelum dipanggil untuk bisa masuk. Pengunjung yang sangat banyak tidak mampu tertampung pada ruangan sebanyak 16 bilik (dua lantai) secara bersamaan.
Jika dilihat sambil sekilas lewat, lokasi ini hanya terlihat seperti rumah biasa terdiri dari dua lantai. Sehingga di dalampun bilik yang ada sama seperti kondisi rumah. Ada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang makan serta kamar mandi. Dan tiap bilik memiliki keunikan tersendiri yang mengundang pengunjang untuk mengabadikannya.
Semua bilik tersebut ditata sedemikian rupa, sehingga kita bisa berpose seolah-olah sedang beraktivitas di bilik tersebut. Namun, perabot yang ada terpasang di eternit bukan di lantai. Lantas, apa yang membuatnya menarik?
Hey, jangan salah!. Setelah berpose dan berfoto, kita pasti akan membuat orang lain berdecak kagum. Hal ini karena cetakan atau file foto telah dirotasi (diputar) sehingga kita akan terlihat bagai superhero.
Ahay...ternyata inilah rahasia dari foto unik di atas. Ya, Rotasi foto!. Jika foto ditunjukkan dalam posisi asli tidak akan mempunyai daya tarik sama sekali. Bahkan akan terlihat aneh dengan semua perabot tertata di atap (eternit). Namun setelah foto dirotasi, kita akan menjadi superhero....

Tempat ini buka mulai pukul 10.00-19.00 WIB dengan harga tiket masuk yang berbeda berdasarkan tinggi badan. Untuk dewasa (tinggi badan lebih dari 120 cm) tiket seharga Rp. 80.000,-. Sedangkan untuk anak-anak (tinggi badan kurang dari 120 cm) tiket masuk seharga rp. 40.000,- (Harga Bulan Desember 2016).
Fasilitas umum yang terdapat di lokasi adalah kamar mandi dan musholla. Selain itu banyak pedagang makanan yang berlalu lalang. Lumayan bisa mengganjal perut yang keroncongan ketika menunggu antrian.
Sebenarnya tidak ada batasan berapa lama kita boleh berada di dalam rumah tersebut. Namun sebaiknya tau diri dan toleransi untuk bergantian dengan pengunjung yang lain. 
Beberapa tips agar nyaman untuk berkunjung antara lain :
- Datang sebelum jam operasional. Paling tidak pukul 09.30 WIB sudah sampai di lokasi
- Menjaga etika dengan pengunjung lain (saling bergantian berpose)
- Harus pandai mencari angel
 -  Tunjukkan ekspresi ketika berfoto
- Sembunyikan foto asli. Tunjukkan foto yang sudah dirotasi saja.

Nah, silakan mencoba menjadi superhero ya...

No comments:

Post a Comment