Monday 15 May 2023

Ketika Si Manis Protes.

 


Sebagai seorang cat lovers, pastinya kita bisa hafal dengan semua kelakuan anabul (anak bulu). Bagaimana kebiasaan mereka yang tentu saja menjadi ciri khasnya. Ada anabul yang paling suka jahil kepada sesama anabul. Ada pula anabul yang introvert, alias penyendiri sehingga hanya mau bergaul dengan yang dia mau saja. Bahkan ada pula anabul yang sangat manja dan selalu mendekati pintu terutama jika terdengar suara tuannya di seberang pintu. Masing – masing kebiasaan tersebut tidak bisa disamakan antar anabul.

Begitu juga dengan saya yang hafal dengan kelakuan masing – masing anabul. Tapi, beberapa hari ini saya dipusingkan dengan perubahan tingkah laku Muti (salah satu anabul di rumah). Selama ini dia sering saya panggil dengan kucing sultan. Karena memang beberapa kelakukannya yang terlalu pilih – pilih. Contohnya dia akan rewel ketika litter box sudah penuh. Baik oleh air kencingnya sendiri maupun feses darinya. Juga ketika kandangnya sudah kotor dan dia merasa tidak nyaman. Pasti Muti akan menjadi lebih rewel dari biasanya.

Nah, kali ini protesnya Muti lebih keras lagi. Pernah suatu saat Muti sampai BAB di depan pintu. Sudah tidak mau BAB di litter box yang biasanya. Hemm, apa coba yang berubah? Kenapa dia menjadi begini? Setelah diamati dan dievaluasi ternyata Muti sudah tidak nyaman dengan pasir yang disiapkan. Kesimpulan itu muncul karena meskipun litter box sudah diisi dengan pasir yang baru tapi dia masih tetap BAB di depan pintu. Hingga saya mencoba untuk mengganti jenis pasirnya. Nah, benar saja. Muti sudah Kembali BAB dan BAK di liiter box yang sudah disediakan. Jadi sekarang ada dua litter box dengan jenis pasir yang berbeda. Ada yang untuk BAK dan ada yang untuk BAB. Sebenarnya bukan saya yang membiasakan menyediakan pasir khusus. Tapi Muti sendiri yang melakukannya. Dia selalu BAK di salah satu litter box, dan BAB di litter box yang lain. Jadi air kencing dan fesesnya tidak bercampur.

Bentuk protes Muti yang terakhir dan yang paling up to date adalah BAK di depan pintu. Lagi – lagi TKP-nya adalah depan pintu kendang. Bahkan kali ini agak lama, sudah sekitar 2 minggu saya belum bisa menemukan penyebabnya. Ganti pasir sudah, menyediakan pasir yang berbeda juga sudah. Menyapu kandang juga sudah. Ternyata oh ternyata, Si Sultan Muti minta agar kandangnya dibersihkan dengan kain pel. Karena setelah kandangnya dipel langsung deh Si Sultan Muti tenang, nyaman dan tidak bertingkah aneh – aneh lagi. Sampai hari ini dia sudah Kembali menjadi Sultan Muti yang paling cantik sekandang.

Hemmm, pelajaran baru bagi saya. Bahwa ketika ada perubahan perilaku dari anabul adalah pertanda dia sedang protes. Dia merasa tidak nyaman dan ada yang harus dilakukan demi kenyamanannya.

2 comments:

  1. Hahahahaha lucuuuu banget diaaa 😄😄😄🤣. Tapi memang sih mbak, kucing2 itu semuanya unik. Mereka ada karakter khas yg berbeda Ama kucing lain. Aku sendiri plihara 4 ekor, indoor semuanya. Ada 1 kucing yg pembersih banget banget. Kalo pup selalu dikubur. Litterbox penuh, dia ga mau. Pasti langsung nguber2 aku sambil pura2 gali lantai 😂😂.

    Trus kalo wet foodnya dia ga doyan, dia langsung pura2 gali lantai lagi ,menganggab itu poop 🤣

    Tapi ada juga kucingku yg introvert bgt. Kalo makan ga mau gabung Ama kucing lain.

    Ada 1 yg kepo dan kalo udah lewat jam makan, tapi aku blm siapin, dia pasti gangguin aku sampe aku gerak buat nyiapin makanan mereka 😂

    Kocak2 tapi kelakukan mereka selalu aja menghibur hati 😍❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..... gumuuusshhh bangett.... 😂🤣 memang selalu menghibur banget kelakuan mereka itu...

      Delete