Thursday 21 March 2024

Kulit Tubuh Tetap Fresh Selama Puasa? Ini Caraku

 

sumber foto : https://nova.grid.id/

Selama puasa, mengharuskan kita menahan makan dan minum. Tentu saja cairan tubuh akan berkurang yang mengakibatkan kulit kering. Namun jangan sampai puasa menjadikan kulit kering dan pucat. Ini adalah beberapa cara saya dalam menjaga kulit tetap lembab dan fresh selama puasa

Minum air putih

Cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Minimal 2 liter tiap hari (bagi yang sehat dan tidak ada keluhan apapun). Nah, kita harus mengatur konsumsi air putih selama puasa. Bisa diminum 1 gelas setelah makan takjil, 1 gelas sebelum berangkat tarawih, 1 gelas setelah pulang tarawih, 1 gelas selesai makan besar, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas saat bangun tidur sebelum sahur, 1 gelas selesai makan sahur dan 1 gelas saat imsyak. Tentu saja pengaturan ini disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Konsumsi buah dan sayur

Selain air putih, asupan yang saya perbanyak adalah buah dan sayur. Kalau buah dan sayur bebas banget akan diolah seperti apa. Buah bisa langsung dikonsumsi sebagai buah potong, salad buah maupun juice buah. Kalau sayur bisa dalam bentuk lalapan, sayur, maupun pecel. Selain bisa menjadikan kulit lebih fresh, sayur dan buah juga sangat meningkatkan stamina selama puasa. Badan jadi terasa segar dan tidak lemas ketika asupan sayur dan buah tercukupi.

Minum vitamin kulit

Minum suplemen atau vitamin kulit juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit selama puasa. Yang perlu diperhatikan adalah memilih suplemen atau vitamin kulit harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan juga harus dinyatakan aman oleh BPOM. Bisa juga dengan hasil konsultasi dokter jika diperlukan. Jangan sampai niat ingin menjadikan kulit lebih fresh malah jadi malapetaka karena salah pilih suplemen atau vitamin kulit.

Membersihkan wajah sebelum tidur

Cara yang saya gunakan selain dari berbagai asupan yang dikonsumsi adalah dengan rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Rutinitas ini dilakukan tidak hanya selama puasa saja, tapi sudah menjadi kebiasaan sehari – hari. Membersihkan wajah yang paling mudah adalah menggunakan susu pembersih dan penyegar. Bisa juga menggunakan serum bagi yang sudah terbiasa. Sekali lagi saya mengingatkan dalam memilih merk kosmetik haruslah yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM. Akan lebih baik lagi kalau ada rekomendasi dari dokter kulit.

Olah raga ringan

Selama puasa jangan biarkan tubuh kurang gerak karena akan menjadikan tubuh makin lemas. Puasa tidak menghalangi kita untuk olah raga. Tinggal disesuaikan saja jenis olahraganya. Yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang digemari saat puasa. Dengen gerakan yang pelan dan banyak peregangan menjadikan tubuh rileks dan segar. Keringat juga akan muncul ketika olahraga. Nah, dengan keringat yang muncul ini maka kulit tidak menjadi kering. Jangan takut berolahraga ketika puasa, ya!

Banyak senyum

Dari sisi batiniah yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap fresh selama puasa adalah senyum. Dengan banyak senyum maka wajah kita akan lebih menyenangkan untuk dipandang. Sehingga bisa memunculkan aura kesenangan dan semangat bagi diri kita sendiri maupun lingkungan di sekitar kita. Ketika semangat sudah muncul maka melakukan semua kegiatan di Bulan Puasa menjadi sangat ringan dan bisa mengusir rasa malas. Terkadang ketika rasa malas sudah datang, untuk sekedar membersihkan wajah sebelum tidur saja menjadi sangat berat dilakukan. Oleh karena itu rasa semangat harus dijaga agar tidak menghilang dari diri kita

 

Bersihkan hati

Yang lebih penting lagi adalah bersihkan hati, dan selalu berpikiran positif. Hal itu akan menjadikan hati kita lebih nyaman melalui rangkaian perjalanan hidup. Percayalah ketika hati bersih maka semua vibes positif akan menghampiri kita. Dan menjadikan kita lebih sehat jiwa dan raga.

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat ya…

2 comments:

  1. Setujuuuu mba. Puasa bukan berarti kita ga peduli ama kesehatan kulit. Aku di disiplinin utk merawat kulit sejak masih SMP ama mama. Makanya di usia sekarang aku terbiasa merawat kulit bahkan di saat puasa.

    Ritual skincare tiap pagi dan malam, kalo ada 1 step aja yg diskip, itu berada bgt ga enaknya kalo udh terbiasa.

    Tapi selain skincare aku juga rutin olahraga beban dan cardio walopun puasa, cuma durasinya aku kurangin.

    Suplemen kulit pun aku rutin konsumsi, udh sejak blm nikah kalo itu. Efeknya berasa bgt kok, di usia 4++ setidaknya kulitku blm keriput samasekali.

    Jadi memang teman2 yg bilang susah merawat kulit saat puasa, bisa kok sebenarnya. Asalkan niat dan disiplin kuat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, olahraga beban dan cardio ini yang saya belum pernah nyobain mbak. kayaknya seru juga ya latihan beban dan cardio... makasih sharingnya ya...

      Delete