Thursday 2 February 2017

Awas, Aku Bisa Lebih Cantik (kompasiana, 1 Pebruari 2017)

Tulisan ini dimuat di kompasiana tanggal 1 Pebruari 2017.
Berikut saya tuliskan lagi.

Sebagai seorang wanita sangat wajar jika kita mempunyai me time untuk memanjakan dan merawat diri. Tentu saja hal itu kita lakukan agar terlihat cantik bukan?. Namun tentu saja kecantikan kita akan pudar apabila kucing kesayangan kita terlihat kusam dan dekil. Ketika di waktu luang kita membawa kucing berjalan – jalan di sekitar komplek pastinya pandangan selain tertuju kepada kita juga tertuju kepada si kucing yang kita bawa. Apa jadinya jika kita sudah tampil sedemikian cantiknya namun si manis terlihat kusam, pastinya kecantikan kita hanya tampak di permukaan saja.
Tidak hanya kucing ras saja yang membutuhkan perawatan ekstra. Seekor kucing domestik juga harus dirawat sedemikian rupa agar tidak kalah cantik dengan kucing ras. Apa saja yang harus kita lakukan untuk mempercantik si manis? Salah satunya adalah dengan grooming. Pada artikel ini kita akan membahas tentang grooming dasar di rumah untuk kucing domestik.
Grooming bisa diartikan dengan merawat dan membersihkan menggunakan bahan dan teknik tertentu. Grooming pada kucing adalah kegiatan merawat kucing agar terlihat lebih bersih, cantik, dan sehat. Untuk kucing ras seperti persia, anggora, himalaya dan lain sebagainya kegiatan grooming sudah sangat familiar dilakukan oleh pemiliknya. Kucing ras ini sudah mempunyai jadwal rutin berkunjung ke petshop langganan untuk grooming. Lain halnya dengan kucing domestik yang masih jarang mendapat kesempatan grooming karena sang pemilik menganggap bulu kucing domestik tidak sepanjang dan sehalus kucing ras sehingga grooming di petshop menjadi kegiatan yang tidak pernah dilakukan.
Sebenarnya grooming tidak harus dilakukan di petshop mengingat biayanya berkisar antara Rp. 70.000,- sd. Rp. 150.000,- per ekor untuk satu kali grooming. Selain itu kita harus menyisihkan waktu demi lancarnya grooming si manis karena tidak jarang terjadilah antrian panjang di petshop. Untuk menghemat waktu dan biaya kita bisa melakukan grooming dasar di rumah.
Kegiatan dasar dalam grooming antara lain potong kuku, membersihkan mata dan telinga, memandikan, menggosok gigi dan menyisir bulu. Tentu saja kita memerlukan bahan dan alat tertentu yang harus kita siapkan untuk grooming dasar antara lain :
1.      Gunting kuku
Sebelum kita “bergulat” dengan kucing kesayangan ada baiknya kegiatan yang pertama kita lakukan adalah potong kuku si manis. Hal ini dilakukan karena kita tidak ingin tangan terluka kena cakarannya ketika proses grooming berlangsung. Yang perlu diperhatikan adalah potong kukunya jangan terlalu dalam cukup sampai batas lengkung kukunya. Sehingga masih ada panjang kuku yang tersisa dari daging bawah kuku.
Gunting kuku yang digunakan sangat beragam bisa kita peroleh di petshop terdekat. Selain gunting kuku khusus kucing kita juga bisa menggunakan gunting kuku manusia.
2.      Kapas dan Baby Oil
Kapas digunakan untuk membersihkan mata dan telinga kucing. Untuk membersihkan mata cukup dilakukan dengan mengusap mata menggunakan kapas yang telah dicelupkan ke air hangat suam – suam kuku. Membersihkan mata dilakukan secara perlahan dan jangan lupa untuk selalu mengelus kucing agar merasa nyaman.
Membersihkan telinga dilakukan dengan cara kapas diberi baby oil kemudian digunakan untuk membersihkan telinga bagian dalam. Telinga kucing sangat lentur bisa dilipat keluar sehingga bagian dalam telinga terlihat dan akan memudahkan kita untuk membersihkannya. Baby oil berfungsi untuk melunakkan kotoran sehingga mudah untuk diambil.
3.      Ember, Air Hangat, dan Sampo kucing
Kini sudah saatnya memandikan si manis. Pada dasarnya kucing adalah hewan yang tidak menyukai air sehingga kita harus membuatnya nyaman agar tidak lari ketakutan. Salah satunya adalah dengan menggunakan air hangat. Pertama basuh badan, kaki dan ekor sampai setengah basah kemudian guyur sampai semua bulu basah kecuali bagian muka. Kemudian tuang sampo khusus kucing yang bisa kita peroleh di petshop. Sampo ini bisa dibeli sesuai kebutuhan. Ada sampo untuk sehari – hari, anti jamur dan anti kutu. Sampo bisa dituang langsung di badan kucing maupun dituang di tangan kita kemudian gosok sampai berbusa. Gosok secara perlahan sampai berbusa dan kotoran di bulu hilang. Kemudian bilas dengan air hangat sampai busa benar – benar hilang.
Bisa juga dilakukan di ember yang agak besar seolah – oleh si kucing sedang berendam.
Pada kegiatan mandi ini biasanya kutu akan muncul dan kita bisa dengan mudah mengambil dan mematikan kutu tersebut.
4.      Lap atau kain
Lap atau kain ini digunakan untuk menggosok gigi. Pada awalnya kain ini cukup dibalutkan pada telunjuk kita lalu basahi dengan sedikit air. Setelah itu gosokkan pada gigi taring dan satu atau dua gigi di sekitarnya. Apabila si manis sudah terbiasa dengan gosok gigi maka kita bisa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus yang tersedia di petshop.
5.      Handuk
Jika semua busa sudah hilang dan bulu kucing sudah bersih saatnya si manis diberi handuk untuk mengeringkan. Gosok secara perlahan dengan arah berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu. Sebaiknya dilakukan dengan posisi kucing kita peluk atau gendong untuk menambah kehangatannya.
6.      Hair dryer
Meskipun sudah memakai handuk untuk mengeringkan namun hal tersebut hanya menjadikan setengah kering. Agar benar – benar kering harus kita gunakan hair dryer. Namun kebanyakan kucing takut dengan bunyi dari hair dryer sehingga kita harus menggendong dan memegang erat. Pemakaian hair dryer dilakukan dengan jarak minimal tiga puluh centimeter dari badan kucing dan harus digerakkan. Perlu diperhatikan jangan sampai hair dryer hanya diarahkan pada satu titik saja karena akan menimbulkan rasa panas. Fungsi dari hair dryer ini selain untuk mengeringkan bulu juga untuk mengeringkan kulitnya sehingga tidak berjamur. Biasanya jamur tumbuh ketika kulit kucing tidak kering sempurna.
7.      Sisir khusus kucing
Setelah kering sempurna saatnya bulu kucing disisir dengan sisir khusus kucing yang terbuat dari besi agar halus dan terlihat rapi.

Setelah kita memahami dasar – dasar grooming tentu saja kita bisa melakukannya di rumah. Namun ada beberapa hal yang wajib kita ketahui tentang syarat – syarat grooming yaitu :
1.    Kucing yang akan digrooming haruslah kucing yang sehat, tidak sedang hamil dan tidak setelah          vaksin.
2.    Umur minimal kucing adalah satu setengah bulan dan grooming dilakukan tiga minggu sekali.
3.    Grooming dilakukan di pagi atau siang hari. Jangan lakukan di malam hari agar bulu bisa kering          sempurna dan si manis tidak kedinginan.

Dengan rutin melakukan grooming jangan heran jika kucing domestik kesayangan akan terlihat bersih, cantik dan sehat. Setiap orang yang melihatnya pasti akan memuji dan bersiaplah ketika si manis seolah berkata “Awas, aku bisa lebih cantik”.

No comments:

Post a Comment