Wednesday 5 April 2023

Kastangels

 


Saatnya cerita tentang kastangels. Kue kering lebaran favorit setelah lidahkucing. Kalau lidah kucing bercita rasa manis maka kastangels ini sebagai penyeimbangnya yaitu bercita rasa gurih. Tentu saja rasa gurihnya diperoleh dari keju yang digunakan sebagai bahan dasarnya.

Awalnya saya sudah merasa puas dengan rasa kastangels yang disuguhkan di meja tamu rumah mama. Bagi saya rasa kejunya sudah terasa, dan taburan keju sebagai topingnya juga sudah kering sehingga ada tekstur renyah atau kriuk ketika memakannya.

Tapi, semua itu berubah ketika saya jatuh cinta pada kastangels yang disuguhkan di rumah sahabat SMA saya yang bernama Ika. Sama – sama dibuat sendiri oleh ibu masing – masing tapi rasa kastangels di rumah Ika sungguh sangat amat ngeju banget. Bahkan di akhir kunyahan ada sedikit rasa pahit yang konon katanya itulah cita rasa asli kastangels.

Tanpa basa basi saya menanyakan kenapa rasanya beda dari kastangels yang sering saya jumpai bahkan kastangels buatan mama tidak sengeju ini. Ternyata jawabannya adalah dari keju yang digunakan. Ibunya Ika menggunakan keju edam sebagai bahan untuk membuatnya. Nah, itu dia kuncinya. Keju edam yang membuat cita rasa kastangels memang sangat mewah. Dan bisa mendapatkan cita rasa asli kastangles yaitu sedikit pahit di akhir. Semakin tua keju yang digunakan maka semakin ngeju rasa yang dihasilkan.

Ketika saya menyampaikan hal tersebut kepada mama, beliau hanya tertawa geli. Namun mama membenarkan informasi dari Ika tersebut. Menurut mama, jika menggunakan keju edam memang rasanya akan mendekati cita rasa aslinya. Tapi pasti harganya akan menjadi mahal. Karena harga keju edam sangat tinggi dibandingkan keju chedar biasa. Dengan alasan itulah mama membuat kastangles versi ekonomisnya yaitu menggunakan keju cheddar.

Sampai saat ini saya belum menemukan kastangles seperti buatan Ibunya Ika. Kalau yang mendekati sih masih bisa ditemui di sekitar rumah. Akhirnya saya belajar membuatnya sendiri dengan bahan yang premium yaitu menggunakan keju edam tanpa campuran keju cheddar sedikitpun. Hasilnya, tentu saja juara! Saya sangat puas sekali bisa bertemu lagi dengan kastangels mewah seperti buatan Ibunya Ika.

 

Nah, ini dia resepnya. Resep ini menghasilkan sekitar 430 gr kastangel.

Bahan – Bahan:

  • 100 gr keju edam diparut
  • 200 gr terigu protein sedang
  • 150 gr butter
  • 14 gr susu bubuk
  • 1 kuning telur

 

Bahan olesan :

  • 1 kuning telur
  • 1 sdm UHT
  • 30 gr keju parut

 

Cara membuatnya :

  1. Butter ditambah kuning telur lalu dimikser dengan kecepatan rendah hingga berwarna pucat
  2. Masukkan keju edam parut, lalu aduk rata menggunakan spatula
  3. Masukkan terigu dan susu bubuk dengan cara diayak, lalu aduk rata menggunakan spatula
  4. Lanjutkan dengan menguleni menggunakan tangan bersih hingga adonan kalis dapat dibentuk
  5. Giling adonan dengan ketebalan 0,5 sampai dengan 1 cm, lalu potong potong sepanjang 5 cm
  6. Letakkan potongan adonan di atas loyang yang sudah dioles margarin
  7. Olesi dengan bahan olesan dan lakukan sekali lagi (2x olesan)
  8. Taburi dengan keju parut
  9. Oven dengan suhu 120C selama 30 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing)

No comments:

Post a Comment