Tuesday 4 April 2023

Lidah Kucing Rainbow

 


Siapa yang gak kenal dengan kue kering yang bernama lidah kucing? Kue kering legendaris yang seringkali muncul di saat Hari Raya Lebaran. Di rumah mama, kue kering inilah yang menjadi rebutan antara saya dan adik tercinta. Bentuknya yang tipis dan renyah serta rasanya yang manis menjadikan saya sangat menyukainya. Apalagi lidah kucing ini bisa dinikmati tanpa dikunyah karena akan lumer di mulut.

Mengetahui lidah kucing menjadi kue kering favorit anak – anaknya, mama akhirnya belajar membuatnya. Saya masih ingat betul diajak mama ke toko bahan kue untuk membeli loyang lidah kucing. Melihat bentuk loyangnya yang berbeda dari yang lain, saya sangat tertarik. Sehingga saya juga penasaran untuk membuatnya.

Hingga akhirnya saya diajak mama untuk membantu membuat lidah kucing favorit saya. Sangat puas dengan hasilnya yang lezat. Mama hanya geleng-geleng kepala mengetahui lidah kucingnya habis dalam sekejap.

Sekarang, ketika saya sudah berumah tangga dan memiliki anak, peristiwa itu terulang lagi. Dari beberapa kue kering yang saya siapkan ketika Hari Raya Lebaran, anak saya memilih lidah kucing sebagai favoritnya. Bahkan dia juga merekomendasikan lidah kucing ke teman – teman sebayanya.

Nah, muncul ide di kepala saya untuk membuat lidah kucing yang beda tapi makin membuat anak saya jatuh cinta. Akhirnya saya belajar membuat lidah kucing rainbow dan Alhamdulillah berhasil sukses. Tetapi salah satu kelemahannya adalah masa simpan yang makin pendek. Bukan karena berjamur atau tengik, tapi karena keburu dihabiskan oleh anak saya. Berikut resep membuat lidah kucing rainbow :

Bahan – bahan :

  • 125 gr margarin
  • 88 gr gula halus
  • 38 gr (1,5 butir) putih telur
  • 125 gr terigu protein sedang
  • ¼ sdt baking powder
  • Pewarna makanan sesuai selera

 

Cara membuatnya :

  1. Gula halus dan margarin dimikser dengan kecepatan rendah sampai pucat
  2. Masukkan putih telur lalu lanjutkan mikser dengan kecepatan rendah
  3. Masukkan terigu, kemudian aduk rata menggunakan spatula
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera (sesuaikan dengan pewarna makanan yang akan digunakan)
  5. Beri pewarna pada masing – masing bagian adonan lalu aduk rata
  6. Masing – masing adonan berwarna masukkan ke dalam masing – masing piping bag.
  7. Cetak pada Loyang yang sudah dioles margarin (susunan warna sesuaikan selera)
  8. Oven pada suhu 120⁰C selama 25 menit (sesuaikan oven masing – masing)

 

Tips :

  • Pada batas antar warna sedikit ditumpuk agar bisa menyatu
  • Resep ini menghasilkan 250 gr kue kering lidah kucing

No comments:

Post a Comment