Friday 16 December 2016

Kebun Buah Mangunan (Juli 2016)

Obyek wisata ini juga sebenarnya sudah terkenal di Yogyakarta sejak lama namun baru kali ini saya mengunjunginya. Lokasi dari rumah mertua tidak terlalu jauh dengan jalan yang menanjak dan berkelok – kelok. Satu hal yang paling saya ingat adalah kami melewati produsen tiwul ayu. Jika ingin membeli buah tangan, tiwul ayu ini bisa menjadi pilihan yang pas karena letaknya sangat dekat dengan Kebun Buah Mangunan.
Tidak berapa lama sampailah kami di lokasi Kebun Buah Mangunan. Tiket masuk yang harus kami bayar seharga enam ribu rupiah tiap orang. Zona pertama yang kami jumpai adalah kandang kijang. Kita bisa berhenti sejenak untuk memberi makan kawanan kijang tersebut. Zona berikutnya adalah kebun buah. Sayangnya tidak ada pohon yang berbuah kala itu. Kebun buah ini terdiri dari beberapa jenis antara lain rambutan, mangga dan nangka. Setelah melewati zona kebun kami memasuki zona berikutnya yang terdiri dari danau buatan dan sepertinya tempat bermain anak – anak. Ada ayunan dan bangku untuk untuk duduk. Sayangnya kondisinya tidak terawat. Danau yang ada juga terlihat kotor dan dangkal. Bahkan ketika itu ada sebuah eksavator di tengah danau dengan kondisi tenggelam sebagian. Entah apa maksudnya.
Lanjut ke zona berikutnya yaitu zona puncak yang merupakan ikon lokasi ini. Di zona puncak terdapat area lahan parkir yang luas baik untuk sepeda motor maupun mobil. Selain itu pada zona ini terdapat pula kamar mandi. Warung makan yang menyediakan bakso dan aneka makanan dan minuman ada di zona ini. Hal yang paling menarik di sini adalah adanya gardu pandang yang cukup banyak sehingga kita bisa melihat pemandangan dari berbagai ketinggian dan arah yang berbeda. Selain gardu pandang yang kecil terdapat pula gardu pandang yang luas yang berada di atas sungai. Apabila kita bisa mencapai lokasi ini menjelang sun rise, kita bisa berfoto di lokasi ini dengan awan menghiasi sekeliling kita seolah – olah kita sedang berada di atas awan. Zona ini ditujukan bukan untuk anak – anak jadi kita harus selalu waspada mengawasi anak – anak kita jika berada di zona ini. Harus kita ingat bahwa zona ini adalah zona puncak sehingga kita harus menjaga putra putri kita agar tetap aman dan bisa menikmati liburan di Kebun Buah Mangunan.

No comments:

Post a Comment